Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat. : Fakaza

Daftar gunung tertinggi di Jawa Barat

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pegunungan di Jawa Barat?   Keindahannya benar-benar bisa membuat orang terpana. Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Kontur tanah di daerah ini menjadi jauh lebih tinggi dibandingkan dengan beberapa provinsi lain di pulau Jawa.

Karena banyaknya gunung, rasanya tidak mengherankan selama ini banyak orang yang memilih Jawa Barat sebagai tempat beristirahat. Dataran tinggi di provinsi ini ternyata memiliki ketinggian sekitar 1000-2000 meter.

Selain berisik, ternyata keindahan alam menjadi salah satu hal yang menonjol. Tidak mengherankan juga jika banyak pendaki menjadikan gunung di Jawa Barat sebagai salah satu tujuan mereka.

Memang ada banyak gunung di Jawa Barat  , namun sebagian dari Anda mungkin penasaran di mana dataran tinggi tertinggi itu. Mungkin karena terlalu banyak spesies, jadi Anda tidak melakukannya dengan benar. Tak perlu khawatir, berikut beberapa nama dari gunung-gunung tertinggi di wilayah Jawa Barat tersebut.

Gunung Chiremai di Jawa Barat adalah gunung tertinggi

Gunung tertinggi pertama adalah Chiremai. Jadi Ciremai adalah Kuningan, Cirebon dan Majalengka. Ketinggian Chiremai dapat mencapai 3078 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi aktif. Ujungnya ada di bibir kawah, di mana ia cukup lembut dan lebar.

Bagi pendaki, mereka bisa resmi menggunakan keempat jalur pendakian. Masing-masing dari mereka tentu memiliki kesulitan dan utilitas sendiri. Banyak sekali taruhan yang ditawarkan oleh Ciremai. Mulai dari pemandangan alam hingga situasi yang indah.

Nah, untuk pendaki, Anda perlu memahami, mana yang paling mudah menggunakan rute maksimum.   Jangan sampai nanti rico karena anda tidak tahu medan yang digunakan dengan benar. Oleh karena itu, jalan paling terkenal di Chiremai adalah pendakian Bapa Terre dan merupakan salah satu pendakian gunung paling unik di pulau Jawa.

Chiremai benar-benar menempati posisi nomor satu sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.   Sebagai salah satu gunung tertinggi, ternyata di Chiremai kamu bisa melihat bunga edelweiss saat berada di puncak. Tentunya hal ini membuat Ciremai semakin cantik.

Selain Edelweiss, di kaki gunung terdapat berbagai jenis situs bersejarah untuk Indonesia. Bahkan pada masakolonial Bell  , ternyata bangunan perdebatan linggarghat berada di kaki Chiremai. Semakin menambah daya tarik pengunjung yang penasaran dengan keindahan Ciremai di Jawa Barat.

Pangrango merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Barat.

Dataran tinggi berikutnya yang terletak di bagian barat Jawa adalah Pangrango. Oleh karena itu, Pangrango memiliki ketinggian sekitar 3019 mdpl, anda bisa menemukannya melalui rute Bogor, Sukabumi dan Cyanjur.

Ternyata Pangrango termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango dan sebenarnya dilindungi. Ada lembah Mandalavangi, yang selalu menjadi incaran wisatawan. Di lembah ini Anda akan menemukan hamparan Edelweiss yang indah.

Sebagai kawasan wisata, yang secara resmi dideklarasikan pada tahun 1980, Pangrango sering dikunjungi oleh wisatawan, khususnya pendaki gunung. Meski banyak orang yang suka memanjat, ternyata orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Pangrango bukanlah orang Indonesia, melainkan orang Jerman, C.I.C. Reinwardt atau pendiri Kebun Raya Bogor pada tahun 1819.

Pada tahun 1977, Pangrango berhasil ditetapkan sebagai cagar biofisik oleh UNESCO dan ini membuat namanya lebih dikenal oleh wisatawan. Banyak pendaki yang ingin melihat keindahan Lembah Mandawalangi dan Edelweis yang tersebar di dataran tinggi yang sama. Dengan menjadi bagian dari gunung tertinggi di Jawa Barat dan menempati posisi nomor dua, Terniata Pangrango berhasil menarik perhatian banyak pengunjung.

Banyak orang di luar Jawa percaya bahwa Pangrango dan Gedde menjadi satu bagian, meskipun ini tidak benar, karena mereka juga ditemukan berseberangan. Pangrango jauh lebih tinggi dibandingkan dengan Gunung Gede. Tetapi karena tempatnya terlalu dekat, sering dianggap sebagai satu nama.

Mae gan Fynydd Gede Sgwâr Surya Kencana

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya adalah Gunung Gedde. Jadi dataran tinggi ini masih berada di kawasan Gede – Taman Nasional Pangrango. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2958 mdpl dan terletak di seberang Pangrango.

Ada banyak hal  menarik  di dataran tinggi Guede, di mana terdapat beberapa  kawah yang  masih aktif. Kawah tersebut adalah kawah Weyden, kawah Lanang, kawah Ratu dan kawah baru. Nah, ada tempat menarik yang selalu menarik perhatian pengunjung ketika datang ke Gunung Gede, yaitu Surya Kenkana Square.

Jangan bayangkan Surya Kenkana Square dengan cara yang sama seperti di beberapa kota atau area yang luas. Di alun-alun ini Anda akan semakin kagum dengan pemandangan pohon Edelweis, di mana ada beberapa di antaranya. Namun, bagaimanapun, pendaki disarankan untuk tidak membawanya dan hanya Edelweiss, karena ia juga dilindungi.

Selain banyaknya hamparan Edelweiss di pegunungan di Jawa Barat, ternyata Surya Kenkana Square juga sering dijadikan tempat  perkemahan  para pendaki. Sehingga Anda bisa  menikmati hamparan Edelweis dan merasakan perasaan tinggal di tempat yang indah.

Karena merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, sehingga banyak sekali fauna yang benar-benar terlindungi. Misalnya Owa Jawa, Lutung Surili, Macan Tutul, Biul Slentek dan masih banyak lainnya. Sehingga  keindahan  gunung di Jawa Barat  ini masih sangat terlindungi.

Gunung Cikuray di Jawa Barat pemandangan sunrise yang eksotis

Selain itu, ada Gunung Cikuray yang memiliki ketinggian 2821 mdpl. Dataran tinggi ini memiliki lokasi di kecamatan Cikajang, Bayongbong dan Dayeuh Manggung. Bentuk Cikuray menyempit sempurna dan punggung. Ketika berada di atas, Anda mungkin tahu bahwa areanya datar dan tidak terlalu besar. Tapi Janga khawatir karena dia memiliki panggilan bangun.

Banyak juga pendaki yang datang ke Cikuray untuk menikmati sunset.   Sehingga banyak pendaki yang mengatakan bahwa pemandangan matahari di tempat yang satu ini memang jauh lebih indah dibandingkan dengan pezon yang ada di puncak Papandayaan. Tapi kecantikan itu tidak benar, karena atasan Cikuray cukup kotor.

Cikuray adalah daftar keempat gunung tertinggi di Jawa Barat, tetapi sayangnya, puncaknya benar-benar kotor karena vandalisme dari para pendaki, di mana ia kurang bertanggung jawab. Ada begitu banyak juru tulis yang dapat Anda temukan ketika  Anda berada di  puncak dataran tinggi Cikuray.

Jika Anda ingin bertamasya, Anda bisa melalui rute Ciledug yang cukup aman dan formal. Jika dari Bandung sebenarnya sangat mudah untuk bepergian dengan transportasi umum. Anda juga dapat melanjutkan dengan transportasi umum untuk mencapai gerbang pendakian.

Namun, sebagai pendaki, sangat disarankan untuk tidak melakukan vandalisme atau kontaminasi. Jauh lebih baik jika Anda menjaga keindahan Cikuray hanya dengan menikmati pemandangan alam.

Sebagai salah satu provinsi dengan ketinggian, tidak heran jika Jawa Barat memiliki banyak gunung. Beberapa di antaranya memiliki pesona indah yang membuat wisatawan bergerak untuk menghadapinya.

Bahkan, beberapa di antaranya juga memiliki wisatawan luar pedesaan yang ingin menikmati keindahan Jawa Barat. Kamu juga bisa  mencoba mengunjungi salah satu  gunung di Jawa Barat untuk merasakan pesona keindahannya.

Baca Juga :